Belajar Setiap Waktu

Mungkin karena kebiasaan waktu kecil dan remaja. Di mana kewajiban seorang anak adalah menuntut ilmu. Tentunya ke sekolah. Ya. Yang utama itu sekolah. Itu sudah jadi mindsetku sebagai seorang pelajar dan anak untuk sukses di sekolah yang merupakan tanggung jawab terbesar saat itu. Harus mencetak nilai yang tinggi. Bagaimana caranya? Belajar. Bagaimana cara belajarnya? Dari buku. Baca buku dan berlatih dari buku. Baik di rumah maupun di sekolah.

Hmmm... karenanya sampai dewasa aku selalu beranggapan bahwa belajar yang paling utama adalah dari buku. Baca buku. Pahami apa yang dibaca. Ini adalah bagian yang terpenting dalam hidup. Belajar.... dari buku. Jadi... kalau ada kegiatan apapun di luar membaca buku adalah bukan belajar. Kegiatan itu tidak penting. Karena yang penting adalah belajar. Ya... belajar dari buku.

Oops. Aku salah besar. Dengan berprinsip seperti itu, hidupku jadi terasa tidak asyik. Karena kurang belajar. Saat berjalan bersama keluarga, aku merasa ini hanya sekedar kegiatan yang tidak bermanfaat untuk masa depanku. Kan hanya jalan-jalan. Hanya mencari kesenangan.

Saat aku bekerja di kantor, ini juga terasa hanya sekedar mencari nafkah dan menjalankan kewajiban sebagai seorang ayah dan guru. Tidak terlalu penting. Karena yang terpenting adalah belajar. Ya.. belajar dari buku.

Akhirnya aku sadari bahwa hidup ini adalah belajar. Belajar untuk menjadi seorang yang lebih baik dan bermanfaat di masa depan. Dan itu bukan dari buku saja. Apapun yang kulihat dan kudengar adalah pembelajaran yang harus aku olah.  Bukan hanya dari buku.

Bukankah Allah SWT memberikanku pendengaran, penglihatan dan hati agar aku bersyukur. Alhamdulillah.

Puji... syukurilah hidup ini. Segala amal ini ternyata adalah belajar. Dan belajar adalah  hal yang terindah dalam hidupku. Investasi untuk masa depan. Kini aku bisa tersenyum lebar di mal, pasar, stasiun kereta, rapat warga bahkan saat berbincang dengan teman. Karena semua itu adalah belajar. Aku tidak menyia-nyiakan waktuku untuk itu semua.

Skill belajar harus makin meningkat sesuai dengan bloom taxonomy: ketahui, pahami, lakukan, analisa, evaluasi dan ciptakan.

Semoga Allah SWT memberikanku ilmu yang bermanfaat. Amin.

Selamat berlibur Puji!!!

No comments: